Jumat, 28 Agustus 2015

Tetap Rendah Hati Dengan Apa yang Telah Kita Raih



 Jepara Satu Buku - Alkisah ada seorang mahasiswa yang sedang berlibur ke sebuah tempat wisata yang harus ditempuh dengan menggunakan perahu kecil dan memakan waktu perjalanan sekitar satu hari di atas perahu kecil tersebut. Karena merasa bosan di atas perahu kecil tersebut akhirnya si mahasiswapun mencari teman untuk mengobrol dan bisa di ajak berdiskusi, karena   yang ada di perahu tersebut kebanyakan seorang pedagang, maka diapun merasa di perahu tersebut hanya dialah yang paling paling pintar, kemudian si mahasiswa bertanya kepada seorang pedagang. 

Mahasiswa : " Apakah anda mengerti filosofi? "
" tidak mengerti " jawab si pedagang dengan menggeleng-gelengkan kepala.
 " waduh....sayang sekali berarti Anda telah kehilangan setengah dari kehidupan Anda.

" Apakah anda mengerti tentang ilmu matematika dan rumus-rumusnya? " tanya sang mahasiswa lagi kepada si pedagang. 
" tidak tahu " jawab si pedagang kepada mahasiswa tersebut dengan menggeleng-gelengkan kepalanya lagi.
"Wah... Berarti lagi-lagi Anda telah kehilangan lagi separuh dari kehidupan anda. "

Tiba-tiba baru saja si mahasiswa berhenti berbicara dengan menunjukkan nada yang sombong, perahu tersebut tiba-tiba dihadang angin puting beliung dan ombak besar, sontak perahu tersebut terombang ambing dan hampir seluruh perahu kemasukan air dan hampir tenggelam. Kemudian ada seorang pedagang yang dari tadi mendengar pecakapan mahasiswa tersebut bertanya kepada mahasiswa dari arah belakang " maaf  Mas apakah anda bisa berenang? " si mahasiswa yang sombong tadi dengan ketakutan dan menjawab " saya tidak bisa berenang, tolonglah saya Pak. "  Kemudian Pedagang yang tadi di hujani pertanyaan berkata " Berenangpun Anda tidak bisa, berarti hari ini Anda akan kehilangan seluruh kehidupan Anda, dan kehidupan Anda selama ini tidak berarti apa-apa." jawab si Pedagang. 

Dari cerita di atas, penulis hanya bisa mengambil kesimpulan bahwa, semua manusia di dunia ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Boleh kita bangga dengan semua prestasi yang selama ini kita raih, tapi jangan sampai membuat diri kita menjadi sombong, ingat dilangit masih ada langit pasti ada orang yang lebih pintar dan lebih berhasil dari pada kita, dan kita masih perlu belajar dari orang lain. 

Semoga cerita malam ini bisa membuat kita lebih menghargai orang lain dan selalu amanah untuk menjalankan apa yang dititipkan kepada kita.

Salam Jepara Satu Buku.

0 komentar:

Posting Komentar